Header Ads

Kekeringan, Warga Dua Desa Di Kecamatan Kampak Kesulitan Penuhi Air Bersih

TRENGGALEK, KIM Sumber Rejeki - Sejumlah warga di Desa Bogoran dan Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, kesulitan untuk mendapatkan air bersih, Pasalnya sumber air yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari, saat ini sudah tidak bisa digunakan lagi.
Salah satu warga Desa Timahan, Jadhi mengatakan, Hingga pertengahan bulan juli tahun 2018, Kondisi kekeringan yang terjadi di Desa Bogoran dan Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek masih terus berlanjut, Akibatnya warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, warga  harus mencari air bersih masuk hutan dengan jarak tempuh sekitar 1 Kilo Meter, selain itu warga juga mengandalkan kiriman air bersih dari pemerintah.
Krisis air bersih yang terjadi di daerahnya ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu,  sumur-sumur warga saat ini kondisinya kering dan tak lagi mengeluarkan air bersih, Ungkap Jadhi.
Sementara itu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mengirim air bersih, Gigih Retagara menerangkan, Sejak terjadi Kekeringan di Desa Timahan dan Desa Bogoran, pihaknya telah rutin mengirim air bersih ke warga, sedikitnya ada sekitar 3 Tangki air bersih yang didistribusikan kepada warga dalam setiap harinya.
Dari dua Desa di Kecamatan Kampak yang mengalami krisis air bersih, Kondisi kekeringan paling parah terjadi di Desa Timahan, karena  di Desa tersebut berada di kawasan pegunungan dan jauh dari sumber air yang besar,  Sedangkan kondisi sumber air yang ada di sumur sumur warga juga cepat kering saat musim kemarau, pungkas Gigih. (CHO)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.