Header Ads

Upacara Adat “Grebek Sinongkel 2018”, Sambut Malam Gerhana Bulan Purnama Di Trenggalek

TRENGGALEK, KIM Sumber Rejeki - Ada yang berbeda pada tradisi ritual grebeg sinongkel di Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur pada tahun 2018 ini. Pasalnya grebeg sinongkel kali ini bertepatan dengan datangnya malam gerhana bulan, sehingga ritual tahunan bersih desa tersebut menjadi lebih special dan tampak meriah dari tahun sebelumnya.
Berdasarkan keterangan sejumlah sesepuh Desa Prambon, grebeg sinongkel atau ritual sinongkelan Merupakan Ritual Tahunan yang dikemas dalam Ritual Adat Bersih Desa, yang diselenggarakan setiap tanggal 14 selo pada penanggalan kalender Jawa, atau 14 Muharam pada penanggalan Hijriyah, Tepatnya pada malam bulan purnama, sedangkan pada malam bulan purnama tahun ini juga bertepatan dengan malam gerhananya bulan purnama.
Sinongkelan sendiri sebenarnya berasal dari kata Sinongkel yang berarti terdongkel, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan Terusir,  Yaitu kisah terusirnya Pakubuwono 2 dari kerajaannya dan memilih hidup di pelarian bersama masyarakat Prambon. Sehingga saat di pelarian dirinya dijuluki sebagai kanjeng sinongkel, atau Ki Ageng surya lelana, atau sunan Ponorogo.
Kepala Desa Prambon, Anang Irwanto Menerangkan, Pada event grebeg sinongkel tahun 2018 ini, pihaknya mengedepankan terhadap pengenalan seni budaya kepada masyarakat dan generasi muda sejak dini, Oleh karena itu pada event ini sejak awal sudah dimulai dengan berbagai pertunjukan seni budaya seperti halnya pagelaran wayang kulit pameran keris, dan pertunjukan seni budaya lain yang melbatkan langsung masyarakat dan generasi muda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.