Header Ads

Grebeg Sinongkel 2018, Desa Prambon Kenalkan Pusaka & Seni Budaya Pada Anak Anak

TRENGGALEK, KIM Sumber Rejeki - Pameran pusaka dan pagelaran wayang edukasi meriahkan pembukaan agenda tahunan grebeg sinongkel di Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Sesuai rencana even ini akan diisi dengan kegiatan seni budaya dan edukasi selama 4 hari sejak 25 Juli hingga28 Juli 2018 mendatang.
Kepala Desa Prambon, Anang Irwanto Mengatakan, “Event Grebeg sinongkel kali ini sengaja di kemas dengan nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Salah satunya yaitu adanya edukasi seputar seni budaya sejak dini kepada pelajar usia sekolah dasar, yang dilakukan dengan cara menonton da belajar mengenal wayang, gamelan serta beberapa pusaka.
Lebih lanjut Anang Irwanto menjelaskan, Edukasi seni budaya ini tidak hanya dilakukan pada pembukaan grebeg sinongkel saja, namun dilakukan secara berkelanjutan selama event digelar. Dengan demikian diharapkan generasi muda bisa mengenal dan cinta terhadap seni dan budaya jawa.
“Selain diadakan edukasi seni budaya, pada prosesi grebeg sinongkel ini nantinya juga akan digelar beberapa kegiatan lain, sepertihalnya ziaroh ke makam makam keramat di Desa Prambon, Ritual upacara adat sinongkel dan akan ditutup dengan pawai seni budaya dan arak arakan tumpeng sinongkel”, pungkas Anang. (CH6)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.